Sarapan adalah waktu makan yang penting, karena itu jangan sampai si kecil melewatkannya. Menu sarapan juga harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil untuk memulai harinya yang penuh aktivitas.

Idealnya sarapan mencakup 30% dari total kebutuhan energi harian si kecil atau sekitar 300 kilo kalori. Ibu bisa menyediakan 2 lembar roti tawar dengan selai cokelat, 1 buah telur mata sapi dan satu gelas susu favoritnya untuk memenuhi kebutuhan sarapannya. Agar menarik, kreasikan roti tawar dan telur mata sapi dengan cetakan beragam bentuk.

Jangan lupa untuk menambahkan protein pada sarapan si kecil. Rasa gurih yang terdapat dalam makanan sumber protein akan membuat ia menjadi lebih berselera makan. Selain itu protein merupakan zat gizi pembangun yang dibutuhkan si kecil dalam tumbuh kembang. Selipkan lemak baik dan singkirkan lemak jahat. Dalam masa pertumbuhan, si kecil tetap membutuhkan lemak. Di dalam tubuh, lemak digunakan untuk membangun jaringan otak, termasuk jaringan syaraf dan hormon. Dalam makanan, lemak memberikan rasa makanan dan tekstur yang lebih lezat. Namun, Ibu perlu memilihkan lemak yang baik untuk si kecil. Pilih makanan sumber lemak baik berupa lemak tak jenuh seperti yang terdapat pada ikan, minyak zaitun, atau kacang-kacangan.

Sarapan sangat berguna untuk mengisi energi si kecil sebelum ia sekolah atau beraktivitas. Dengan mengombinasikan karbohidrat, protein, dan lemak untuk sarapan akan membuat pelepasan glukosa ke dalam darah berlangsung pada tingkat yang terkontrol. Hal ini membuat si kecil lebih mudah berkonsentrasi, mudah fokus dan mudah mengontrol emosi. Kehadiran lemak dan protein juga membantunya kenyang dalam waktu lebih lama, menunda lapar dan meningkatkan rentang daya konsentrasi. 

Selain itu dengan membiasakan si kecil sarapan setiap hari akan menurunkan risiko obesitas. Ibu tentu tahu bahwa obesitas sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil, baik kini maupun nantinya. Dengan sarapan, asupan makan si kecil menjadi lebih teratur dan ia jadi tidak mudah lapar. Ajak anggota keluarga yang lain untuk sarapan juga ya! Makan bersama akan membuat acara makan jauh lebih menyenangkan.