Hari libur menjadi hari yang selalu ditunggu untuk menghabiskan waktu dengan pasangan ataupun keluarga. Jika ibu bosan berdesakan di mall, atau hanya dapat menghabiskan waktu di rumah saja, mengapa tidak membuat sebuah kegiatan yang juga dapat menambah kedekatan dengan si kecil.

Permainan-permainan ini dapat berupa sebuah aktivitas memasak dengan menyisipkan pelajaran berhitung ataupun untuk mengembangkan hobi memasak si kecil sedini mungkin.

Terkadang banyak orangtua yang memiliki kekhawatiran bahwa aktivitas ini dapat melukai anak-anak yang mungkin belum terbiasa berhadapan dengan berbagai peralatan dapur, namun jika dilakukan dengan pengawasan yang baik maka bukan tidak mungkin kegiatan ini selain dapat menciptakan kedekatan antara orangtua dan anak juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat Ibu lakukan bersama si kecil:

Memilih menu

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menentukan jenis menu yang dapat dikerjakan bersama ibu dan si kecil. Menu seperti membuat sandwich, omelette, puding ataupun salad dapat dijadikan berbagai pilihan menu yang mudah untuk dilakukan bersama.

Lengkapi si kecil dengan peralatan dapur khusus anak-anak sehingga cenderung lebih aman untuk digunakan.

Menyiapkan cetakan berbentuk binatang atau huruf

Ibu dapat membuat sandwich berbentuk bintang, cookies berbentuk binatang dan juga nugget berbentuk beragam huruf. Ibu dapat menyusunnya dan bermain dengan angka dan huruf selama proses memasak hingga saat hidangan disajikan.

Menyiapkan bahan baku dengan berbagai warna yang menarik

Mulai dari tomat, wortel, buncis, kacang polong hingga berbagai macam sayuran akan menjadi salah satu pelajaran pengenalan warna dan nutrisi untuk si kecil. Kandungan vitamin untuk kesehatan tubuh juga dapat ibu sisipkan selama proses memasak. Selain menambah pengetahuan, maka hal ini dapat juga menjadi sebuah proses adaptasi agar si kecil terbiasa mengkonsumsi sayur-sayuran sejak dini.

Mempelajari rasa

Asin, manis, pahit dan asam. Berbagai jenis rasa dapat ibu kenalkan berikut dengan penjelasan mengenai pembagian fungsi indera pengecap. Seperti contohnya bagian ujung lidah untuk merasakan rasa manis, bagian pangkal lidah untuk merasakan rasa pahit, bagian tepi belakang kiri dan kanan lidah untuk merasakan rasa asam dan bagian tepi depan kiri dan kanan lidah untuk merasakan rasa asin.