Mengapa Si Kecil Hanya Makan Sedikit?

Apakah si kecil hanya mau makan sedikit saja? Memang salah satu masalah makan yang menjadi perhatian orangtua adalah saat si kecil hanya makan dalam jumlah sedikit. Kekhawatiran pun muncul, sebab terlalu sedikit makan bisa mengakibatkan kebutuhan nutrisi si kecil tidak terpenuhi. Padahal saat usia balita, ia perlu mendapatkan asupan nutrisi yang optimal. Tak hanya untuk tumbuh kembang saja, namun asupan nutrisi yang cukup dari makanan juga diperlukan si kecil untuk beraktivitas.

Sebelum mencari solusinya, Ibu terlebih dahulu perlu mengetahui penyebab si kecil hanya makan sedikit. Jika Ibu tahu sebabnya, tentu Ibu bisa mencari solusi yang sesuai. Ada beberapa penyebab yang membuat si kecil makan hanya dalam jumlah sedikit, seperti yang berikut ini:

  1. Karena Kesehatan
    Si kecil yang sedang sakit atau merasa tak enak badan seringkali makan hanya sedikit dan kurang berselera dengan makanannya. Bisa juga kerena si kecil mengalami ketidaknyamanan di sekitar mulut, gigi, tenggorokan, hingga organ pencernaan. Itulah sebabnya, Ibu perlu mencari tahu secara pasti  apa penyebabnya, kemudian carikan solusinya. Misalnya, bila ia makan sedikit karena sulit menelan, sajikan menu yang lunak agar mudah di telan atau saat ia sedang flu sehingga nafsu makannya menurun, buatkan sup yang menghangatkan tubuh.
  2. Pengalaman Makan yang Tidak Menyenangkan
    Masalah emosi bisa juga menjadi penyebab si kecil makan dalam jumlah sedikit. Misalnya, ia kerap mengalami situasi yang tidak mengenakkan saat waktu makan tiba. Seperti dipaksa menghabiskan makanan, mengunyah, menelan makannya, atau tidak diberi kesempatan memilih makanan yang ingin ia makan.
  3. Meniru
    Orangtua adalah role model bagi seorang anak. Ia belajar dari meniru setiap perilaku orang di sekelilingnya. Bilaibu sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, dan tidak pernah makan di hadapan si kecil, maka bisa-bisa ia beranggapan bahwa makan bukanlah aktivitas penting. Jadi, jangan heran bila si kecil pun hanya makan sedikit, atau bahkan tak mau makan.
  4. Bosan
    Bila si kecil hanya makan sedikit karena makanan yang Ibu sajikan, maka Ibu perlu berkreasi dan memberikan variasi makanan yang lebih banyak. Jenis makanan yang itu-itu saja seringkali membuat si kecil malas makan. Variasikan jenis makanan si kecil, dari bahan makanan dan cara menyajikannya. Misalnya, dari bahan ayam, ibu dapat memasak dengan cara menggoreng, merebus, dibuat menjadi sup, dan lainnya. Sajikan juga lauk yang bervariasi, usahkan tidak mengulang satu jenis lauk dalam seminggu. Dan untuk menghindari rasa bosan si kecil, tanyakan apa yang ibu akan masakkan untuk dimakan si kecil.
  5. Terlalu Banyak Camilan
    Si kecil hanya makan sedikit bisa juga karena ia merasa sudah kenyang akibat terlalu banyak makan camilan. Karena itu, camilan sebaiknya dibatasi dan tidak diberikan mendekati waktu makan.