Kebiasaan dan pola makan sehat sangat penting untuk perkembangan fisik dan mental si kecil, sehingga kebiasaan tersebut harus dimulai sejak awal.           

Bagaimana caranya memulai kebiasaan tersebut sejak awal? Jawabannya terletak dari menu sajian makanan sehari-hari yang kita susun. Biasakan untuk menyusun menu untuk beberapa hari, misalnya tujuh hari kedepan, sehingga si kecil tidak bosan karena variasi makanan yang beragam dari hari ke hari. Jangan lupa sisipkan juga menu makanan favorit si kecil saat menyusun menu dan jika Ibu berencana menyajikan menu makanan baru hendaknya disajikan secara bertahap. Dengan membiasakan mengonsumsi menu makanan sehat akan membantu menanamkan kebiasaan makan sehat hingga anak dewasa nanti.

Apa yang perlu disajikan?

Pada prinsipnya setiap makanan yang disajikan – sarapan pagi, makan siang dan makan malam harus terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan untuk memenuhi prinsip gizi seimbang.

Untuk memudahkan Ibu dalam menyusun menu makanan dengan nutrisi lengkap dan makanan yang bervariasi, Ibu dapat menggunakan piramida makanan yang terdiri dari kelompok karbohidrat, yang meliputi roti, nasi, pasta; kelompok nabati dan hewani, mencakup sayuran dan daging, ikan; kelompok buah-buahan, misalnya dalam bentuk jus atau dipotong kecil-kecil; susu dan kelompok lemak, minyak, gula.

Mari susun menu bersama si kecil

Ajaklah si kecil untuk bersama-sama menyusun menu, agar ia juga dapat memilih menu makanan sehat yang menjadi favoritnya. Diskusikanlah dengan si kecil menu apa yang ia inginkan dan ajaklah ia berbelanja bersama ke supermarket untuk memilih bahan makanan
yang akan disajikan. Mintalah si kecil untuk ikut menyiapkan meja dan sediakan peralatan yang menarik untuk makanan yang akan disajikan.

Tips kecil:

Biasakanlah untuk selalu membuat makanan dari bahan segar dan tanpa pengawet. Sayur untuk sementara dapat diganti dengan buah atau dapat menyiasatinya dengan ’menyembunyikan’ sayur dalam berbagai olahan seperti perkedel wortel.