Menyusun menu mingguan bagi si kecil memang gampang-gampang susah. Ibu perlu memerhatikan setiap bahan makanan yang akan digunakan, jenis makanan yang akan diolah, belum lagi memerhatikan makanan apa yang si kecil sukai dan tidak sukai. Padahal susunan menu sangat berguna untuk mempermudah Ibu dalam menyediakan makanan sehat setiap harinya bagi si kecil. Agar lebih mudah dalam menyusun menu, cobalah untuk menyusun menu mingguan terlebih dahulu dan terapkan langkah-langkah berikut:

  1. Buat tabel dan isi dengan nama hari dan bahan utama, sayur, buah dan camilan.
  2. Tentukan bahan makanan utama yang berbeda selama tujuh hari. Misalnya, Senin: daging, Selasa: telur, Rabu: tempe, Kamis: ikan, Jumat: ayam, Sabtu: udang, Minggu: tahu.
  3. Tambahkan bahan utama lain berupa sayuran, buah dan camilan setiap harinya. Misalnya, Senin: brokoli, Selasa: tomat ceri, Rabu: Melon, Kamis: Kailan, Jumat: jagung, Sabtu: bayam, Minggu: apel.
  4. Dari bahan utama yang sudah dipilih, Ibu bisa mulai membuat masakan tertentu.
  5. Usahakan agar menu utama dan sayur sesuai. Seperti, kalau menu utama berkuah, maka sayur jangan berkuah dan sebaliknya. Jika rasa makanan utama manis atau gurih, maka usahakan mengolah sayuran untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda.
  6. Agar menu makanan menjadi lebih bervariasi, berkreasilah dengan resep yang sudah ada, namun tetap menggunakan bahan utama yang sudah Ibu tentukan sebelumnya. Misalnya, jangan hanya menumis brokoli terus menerus, cari resep atau cara mengolah brokoli yang lain, dikukus misalnya. Apabila sudah mengolah daging jadi bola-bola sup minggu lalu, mungkin minggu ini Ibu bisa mengolah daging yang jadi bahan utama  ditambah sayuran bayam menjadi lasagna agar menu si kecil tambah beragam.

Semakin bervariasi menu mingguan yang Ibu buat maka semakin berkualitas pula asupan makan yang dikonsumsi si kecil. Merencanakan dan menyusun menu juga lebih memudahkan Ibu dalam berbelanja bahan-bahan makanan. Ibu bisa berbelanja bahan makanan setiap 3 hari sekali sesuai menu yang sudah disusun. Pembelian dengan jarak 3 hari sekali ini akan menjaga bahan makanan tetap segar.

Ibu juga bisa memanfaatkan piramida makanan sebagai panduan dalam menyusun menu karena piramida makanan memuat semua bahan makanan yang dibutuhkan si kecil yang sudah diatur porsinya sesuai dengan fungsi bahan makanan tersebut di dalam tubuh.

Tak hanya menu makan harian saja yang bisa Ibu buat perencanaan menunya. Ibu juga bisa menyusun menu untuk bekal sekolah si kecil. Dengan demikian, Ibu bisa sekaligus menghemat pengeluaran dan tenaga untuk menyiapkan makanan sekaligus bekal sehat si kecil. Apakah Ibu melakukan hal ini di rumah?