Bekal untuk Makan Siang

Ketika si kecil sudah duduk di bangku sekolah dasar, si kecil akan menghabiskan banyak waktunya di sekolah. Oleh karena itu, Ibu perlu membekali si kecil dengan bekal makan siang agar si kecil bisa tetap fokus belajar dan beraktivitas di sekolah. Berikut ini hal-hal yang sebaiknya Ibu perhatikan ketika mempersiapkan bekal makan siang si kecil:

  1. Bekal makanan untuk si kecil idealnya mengandung makanan yang memberikan energi. Artinya dalam bekal tersebut harus mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan si kecil yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.
  2. Ketahui kebutuhan energinya. Tujuannya agar Ibu tak terlalu berlebihan dalam menyiapkan makanan dan juga tidak terlalu sedikit menyiapkan makanan. Untuk makan siang si kecil, Ibu kira-kira perlu menyediakan makanan dengan komposisi: Nasi 1 centong (100 g), sayuran 1/3 gelas (matang), daging atau sejenisnya 1/3 potong (20 g), tempe atau tahu 1/3 potong (10 g) dan buah 1 potong (150 g).
  3. Sediakan buah potong. Dalam sehari sebaiknya si kecil mengonsumsi 2-3 porsi buah. Ibu bisa menambahkan buah potong yang siap dimakan dalam bekal si kecil.
  4. Susun menu seminggu atau sebulan untuk mempermudah Ibu dalam berbelanja dan mengatur kebutuhan nutrisinya. Usahakan untuk selalu memberikan makanan yang bervariasi agar si kecil tidak bosan.

Si kecil yang senantiasa terpenuhi kebutuhan nutrisinya akan tetap bersemangat mengikuti kegiatan belajar dan ekstrakurikuler di sekolah.