Meskipun banyak yang mengatakan bahwa lemak tidak baik untuk tubuh, namun bagi si kecil, lemak memiliki fungsi yang sangat penting. Dalam memberikan sumbangan energi, lemak berperan cukup banyak, sebab lemak memiliki nilai energi yang tinggi, yaitu 1 gram sama dengan 9 kalori. Energi yang dihasilkan lemak juga berfungsi sebagai energi cadangan bagi si kecil. Di dalam tubuh, lemak banyak digunakan untuk melarutkan vitamin-vitamin yang larut lemak seperti vitamin A, D, E, K. Dengan demikian vitamin tersebut bisa digunakan oleh tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai bantalan organ tubuh tertentu seperti ginjal dan jantung serta sebagai jaringan di bawah kulit yang melindungi tubuh dari hawa dingin.

Dari mana lemak didapat? Lemak bisa didapatkan dari makanan. Sesuai sumbernya, lemak dapat dibedakan menjadi lemak nabati dan lemak hewani. Lemak nabati bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan sedangkan lemak hewani berasal dari hewan, termasuk ikan, telur, susu dan hasil olahannya. Sumber lemak nabati banyak terdapat pada alpukat, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak jagung atau minyak zaitun. Perbedaan kedua jenis lemak ini terletak pada asam lemak penyusunnya. Lemak nabati mengandung lebih banyak asam lemak tak jenuh sedangkan lemak hewani mengandung asam lemak jenuh berantai panjang yang kurang baik bagi tubuh bila dikonsumsi berlebihan.  

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia tahun 2013, kebutuhan lemak per hari untuk anak usia 1-3 tahun adalah sebesar 44 gram dan meningkat menjadi 62 gram pada usia 4-6 tahun. Ibu bisa memenuhi kebutuhan lemak si kecil dengan menyediakan sekitar 2-3 porsi makanan sumber lemak hewani dan 1-2 porsi makanan sumber lemak nabati. Sebagai salah satu sumber lemak, susu bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan lemak si kecil. Namun, pilihlah susu yang sesuai untuknya. Sebab American Academy of Pediatric merekomendasikan untuk anak usia di bawah 2 tahun tidak disarankan mengkonsumsi susu rendah lemak atau reduced fat milk. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, kombinasikan makanan sumber lemak dengan makanan sumber zat gizi lain.